Kamis, 12 Maret 2009

Interpol Keluarkan Surat Penangkapan 15 Pejabat Israel


Katagori : Berita
Oleh : Redaksi 02 Mar, 09 - 4:00 pm

International Criminal Police Organization (ICPO) mengeluarkan daftar nama 15 orang Israel yang masuk dalam daftar pelaku kejahatan dan harus ditangkap kepada seluruh negara yang menjadi organisasi ICPO. Kelimabelas orang Israel yang terdiri dari sejumlah pejabat pemerintah Zionis itu dianggap telah melakukan kejahatan perang.

Hal tersebut diungkap oleh Saeed Mortazavi dari kantor kejaksaan publik Iran. Ia mengatakan, Iran memang sudah melaporkan sejumlah pejabat Israel yang dinilai telah melanggar Konvensi Jenewa termasuk perjanjian organisasi interpol terkait agresi Israel ke Jalur Gaza bulan Januari kemarin.

"ICPO memberikan daftar nama ke 108 negara anggotanya untuk menangkap para tersangka yang terlibat dalam agresi Israel ke Jalur Gaza selama 23 hari bulan Januari kemarin," kata Mortazavi.

Ia juga mengatakan, Iran sudah menyelesaikan investigasi terhadap 15 orang Israel yang dinilai bertanggung jawab atas kejahatan kemanusiaan di Jalur Gaza. Investigasi itu dilakukan sebagai tindak lanjut atas laporan dari utusan Palestina di Iran dan pengaduan warga Palestina yang menjadi korban agresi brutal Israel. Iran menyatakan siap menggelar peradilan in-absentia (pengadilan tanpa kehadiran para terdakwa) terhadap para pejabat Israel yang terlibat dalam agresi tersebut.

"Berdasarkan investigasi kami dan berdasarkan pada pasal dua yang tercantum dalam piagam Interpol, kami meminta Interpol menangkap para tersangka dengan tuduhan kejahatan perang, melakukan invasi, penjajahan, genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan," tukas Mortazavi.

Menurutnya, lebih dari 5.700 pengacara dan jaksa yang tergabung dalam Iranian Bar Association serta sejumlah aparat medis mendukung tuntutan yang diajukan Iran terhadap kejahatan yang dilakukan Israel. Dan 15 orang Israel yang menjadi tersangka penjahat perang itu antara lain;

1. Perdana Menteri Ehud Olmert

2. Menteri Pertahanan Ehud Barak

3. Menteri Luar Negeri Tzipi Livni

4. Kepala Staff Umum Angkatan Bersenjata Letnan Jenderal Gabi Ashkenazi

5. Komandan Angkatan Udara Ido Nehoshtan

6. Komandan Operation Cast Lead, Mayor Jenderal Yoav Galant

7. Kepala Direktorat Intelejen Militer Mayor Jenderal Amos Yadlin

8. Komandan Batalion 13 Brigade Golani, Letnan Kolonel Oren Cohen

9. Deputi Brigade Givati, Kolonel Ron Ashrov

10. Komandan Brigade Pasukan Penerjun Payung, Kolonel Hertzi Halevy

11. Komandan Brigade ke-401 Korps Persenjataan, Kolonel Yigal Slovik

12. Komandan Batalion ke 101 Brigade Pasukan Penerjun Payung, Letnan Kolonel Avi Blot

13. Komandan Batalion ke-13 Brigade Infanteri Golani, Letnan Kolonel Yoav Mordechai

14. Komandan Pasukan Givati, Kolonel Tomer Tsiter

15. Komandan Brigade Batalion 51, Kolonel Avi Peled


(ln/prtv/erm)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar